free page hit counter

Peran Toleransi Dalam Menciptakan Perdamaian

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri adalah definisi dari toleran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sedangkan toleransi berarti sifat atau sikap toleran. Toleransi sering dipahami sebagai sikap menerima segala perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat.

Toleransi punya peran sentral dalam menciptakan perdamaian, dimana setiap orang memiliki kesadaran tentang perbedaan yang merupakan anugerah jika hidup bersama dengan saling mengerti dan menghargai.

Toleransi hadir untuk menebarkan kesadaran untuk kembali menyadarkan setiap orang bahwa tujuan kehidupan dalam masyarakat adalah menciptakan perdamaian dan ketentraman bagi semua orang.

Meski berperan sentral, sejauh ini masih banyak terjadi sikap-sikap intoleran yang bertentangan dengan dasar bangsa Indonesia.

Larangan beribadah, rasialisme dan sebagainya masih menghiasi kehidupan bangsa Indonesia meski hanya dilakukan sekelompok oknum yang menginginkan disintegrasi bangsa.

Masalah terkait sikap intoleran bisa datang dari berbagai lini, termasuk sosial media.

Dewasa ini, sosial media menyajikan amat banyak informasi yang bisa dikonsumsi masyarakat dengan mudahnya.

Sasarannya adalah generasi muda yang dalam setiap aktivitasnya erat dengan sosial media di kehidupan sehari-hari.

Segala informasi tersebut, tanpa disadari memberi perspektif negatif terhadap suatu isu atau peristiwa yang berkembang.

Tanpa edukasi yang tepat, masyarakat terlebih khusus Generasi Z bisa semakin mudah terjerumus dalam paham dan sikap yang tidak seharusnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, sangat penting menanamkan sifat toleran di masyarakat untuk menciptakan perdamaian yang berkelanjutan.

Karena toleransi adalah tali pengikat bagi seluruh elemen bangsa Indonesia untuk bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kesimpulannya, toleransi memiliki peran dalam membentuk perdamaian karena dalam toleransi ada sikap dan perilaku yang mau mendengar, mau mengalah serta mencari solusi untuk sebuah perbedaan pendapat/gagasan.

Penulis: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *