free page hit counter

Musti Tau: Pahlawan-Pahlawan Kemerdekan Indonesia Dari Nyiur Melambai

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Sobat Damai, bulan Agustus adalah bulan dimana bangsa Indonesia merayakan peringatan Kemerdekaan. 17 Agustus  tahun 1945 merupakan hari bersejerah bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal tersebut kemerdekaan diproklamasikan.

Pada peringatan kemerdekaan tahun 2024 ini, Pemerintah Republik Indonesia mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. 

Tak terasa 79 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesiamerdeka. Hal itu bisa dicapai berkat perjuangan para pahlawan dan masyarakat yang bahu-membahu dalam mewujudkan tujuan bersama yakni merdeka.

Sobat Damai, dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia, mari kita mempelajari dan mengingat para pahlawan yang berjuang, khususnya yang berasal dari tanah Nyiur Melambai agar kita tidak melupakan jasa dan peran mereka bagi bangsa Indonesia.

Sulawesi Utara atau sering dikenal dengan Nyiur Melambai memiliki beberapa tokoh pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Berikut ini beberapa pahlawan kemerdekaan asal Sulawesi Utara:

1. Dr. Sam Ratulangi

Dia merupakan seorang pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Tondano, Sulawesi Utara. 

“Si Tou Timou Tumou Tou” adalah filosofi yang dikemukakan Sam Ratulangi yang melekat bagi masyarakat Sulut hingga saat ini.

2. Arnold Mononutu 

Arnold Mononutu merupakan seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang lahir di Manado. 

Dirinya pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan dan mengumumkan perubahan nama Batavia menjadi Jakarta.

3. A.A. Maramis

Alexander Andries Maramis adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan pahlawan nasional. A.A. Maramis pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

4. Arie Frederik Lasut

Arie Frederik Lasut adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dan merupakan ahli pertambangan & geologi. 

Ia terlibat dalam perang kemerdekaan Indonesia dan pengembangan sumber daya pertambangan dan geologis pada saat-saat permulaan negara Republik Indonesia. 

Lasut dilahirkan di desa Kapataran, yang sekarang berada di kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara.

Sobat Damai, Ir. Soekarno mengeluarkan semboyanya yaitu “JASMERAH” yang merupakan kepanjangan dari “jangan sekali- kali melupakan sejarah”. 

Harapannya, para pahlawan kemerdekaan ini akan selalu diingat dan dihormati atas jasa-jasanya dalam merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Penulis : Jovan Brando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *