Bersiaplah!!! Era New Normal di Depan Mata

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Berbagai macam upaya telah dilakukan dunia dalam menangani pandemi Covid-19 tak terkecuali Indonesia.

Pemerintah tengah mempersiapkan Indonesia memasuki fase hidup normal baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat harus beradaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai gaya hidup.

New normal yaitu kondisi masyarakat yang harus kembali beraktivitas seperti biasa, namun tetap memiliki kesadaran tinggi akan keselamatan agar tidak terpapar Covid-19.

Renacananya awal juni 2020 adalah awal diberlakukannya new normal. Lantas, bagi kita yang akan kembali bekerja, sekolah, atau aktivitas lainnya di luar rumah, persiapkan beberapa hal berikut untuk menjalani new normal di Indonesia.

1. Persiapkan Mental

Dikutip dari situs Kompas.com: “Psikolog sosial asal Solo, Hening Widyastuti, mengatakan bahwa persiapan mental penting dilakukan untuk memasuki new normal. Hal ini agar dapat mencegah diri dari stress karena beradaptasi dengan gaya hidup baru. Persiapan mental yang paling pertama untuk dilakukan yakni menerima realita bahwa perubahan sedang terjadi dan responsnya adalah dengan mengikutinya.

2. Perkuat Imun Tubuh

Setelah mempersiapkan mental, langkah selanjutnya adalah dari segi fisik. Fisik menjadi hal yang paling penting agar dapat berperang menghadapi Covid-19. Saat keadaan fisik baik, tubuh akan membangun imun yang akan melindungi dari bahaya paparan virus. Bagaimana caranya? Kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin khususnya vitamin C, agar imun tubuh selalu terjaga. Jangan lupa juga berolahraga dan istirahat yang cukup.

3. Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Mungkin sebelum pandemi Covid-19 melanda kita jarang menerapkan pola hidup bersih dan sehat namun hal ini harus kita terapkan rutin dalam beraktifitas selama masa pandemi berlangsung yaitu dengan selalu mencuci tangan ketika berada di luar rumah serta membersihkan tubuh dan pakaian yang kita kenakan saat kembali ke rumah.

4. Ikuti Protokol Yang Telah Ditetapkan

Salah satu langkah yang tidak boleh diabaikan dalam menjalani new normal adalah imbauan yang diberlakukan. Pastikan mempersiapkan dan menggunakan perlengkapan keamanan saat harus keluar rumah seperti jaket, masker, dan sabun cair atau hand sanitizer. Tak lupa juga menjaga jarak dengan orang lain dan jauhi kerumunan agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam memasuki era new normal, semoga kita selalu sehat dan berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis: Bryan Korua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *