Selamat Hari Relawan Internasional!

Setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Internasional. Peringatan ini diadopsi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) pada tanggal 17 Desember 1985 melalui resolusi A/RES/40/212. Adanya peringatan ini dianggap sebagai ajang bagi para relawan di seluruh dunia untuk mendeklarasikan kontribusi mereka terhadap keperdulian sosial.

Hingga saat ini, PBB memiliki suatu program Relawan PBB atau United Nations Volunteers (UNV), sebagai sebuah program yang mengadvokasi peran relawan atau kesukarelaan ke dalam pembangunan, yang diikutsertakan dalam proyek kemanusiaan maupun perdamaian.

PBB tahu betul bahwa peranan relawan memiliki dampak yang besar dan krusial dalam membangun perubahan dunia ke keadaan yang lebih baik. Semangat dan motivasi yang tinggi dari para relawan telah memberi dampak positif yang besar bagi masyarakat maupun lingkungan.

Dengan kesadaran itu, PBB mencanangkan 5 Desember sebagai Hari Relawan Internasional, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran lebih bagi banyak orang akan pentingnya kontribusi relawan.

Selain memberikan dampak atau manfaat yang besar bagi lingkungan dan masyarakat, kerelawanan juga memiliki manfaat yang banyak bagi pemilik peran itu sendiri.

Menjadi relawan dapat melatih kemampuan kita untuk peka terhadap isu atau masalah di lingkungan sekitar, melatih keperdulian kita untuk dapat saling membantu dalam kemanusiaan. Dapat membuat kita terhubung dengan banyak orang, tentunya ini dapat memperluas kenalan serta wawasan.

Menurut United Nations Development Programme (UNDP) sendiri, kerelawanan merupakan sebuah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas dasar keinginan sendiri. Atas dasar inilah, dengan menjadi relawan dapat memberi kita banyak pelajaran baru yang didapatkan atas keinginan kita sendiri agar dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Belajar untuk memberi tanpa mengharapkan imbalan merupakan suatu keistimewaan sendiri dari peran relawan. Dengan turut membantu menebarkan kebaikan positif, kita juga telah turut menebar kebahagiaan bagi diri sendiri sekaligus orang lain.

Selamat Hari Relawan Internasional untuk para jiwa-jiwa yang besar!

Semangat menebar kebaikan serta perdamaian untuk dunia yang lebih baik.

Penulis: Bunga Revina Palit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *