Sulut Ketambahan Tokoh Pahlawan Nasional

Deretan Pahlawan Nasional asal Sulawesi Utara kembali bertambah. Setelah Tahun 2019 silam A.A Maramis menjadi Pahlawan Nasional yang ke-9 asal Sulawesi Utara, kini giliran Arnold Mononutu yang juga menerima gelar serupa.

Bertepatan dengan hari pahlawan 11 November 2020,Presiden Joko widodo menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh bangsa dari berbagai daerah yang telah berjasa dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pemberian gelar dilaksanakan seusai Upacara Ziarah pada Selasa(10/11/2020)

Para tokoh yang menerima gelar pahlawan nasional yakni Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Macmud Singgirei Rumagesan – Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta, MR SM Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

Penetapan Keenam Tokoh tersebut sudah melalui Proses baik dari Kementrian Sosial maupun dari  Dewan Gelar.

Penganugerahan ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 117/TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, yang ditandatangani Presiden tanggal 6 November 2020.

“Menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada mereka sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya yang luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, atau perjuangan politik atau dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, dan mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” Begitulah bunyi petikan Keppres.

Dari 6 Tokoh penerima gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan, ada nama Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu. Tokoh kelahiran Manado, 4 Desember 1898 ini merupakan mantan Mentri Penerangan Era Presiden Soekarno, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok yang pertama, juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Hasanuddin. 

Ditetapkannya Arnold Mononutu sebagai Pahlawan Nasional RI, Menambah daftar Tokoh Sulawesi Utara yang menjadi Pahlawan Nasional. Dan Berikut daftar Sepuluh Pahlawan Nasional Asal Sulawesi Utara.

1. Dr GSSJ Ratulangi (SK 890 tahun 1961)

2. Arie F Lasut (SK 012/TK tahun 1961)

3. Maria Walanda Maramis (SK 012/TK tahun 1961)

4. Piere Tendean (SK no III/koti/tahun 1965)

5. Robert Wolter Mongisidi (SK no 88/TK tahun 1973)

6. Jahja Daniel Dharma (John Lie) (SK no 085/TK/tahun 2009)

7. Lambertus Nicodemus Palar (SK no 68/TK tahun 2013)

8. Bernard Wilhelm Lapian (SK no 116/TK/tahun 2015)

9. AA Maramis (SK No 120/TK/tahun 2019)

10. Arnold Mononutu (2020)

Dengan demikian, Arnold Mononutu menjadi Tokoh Sulut ke-10 yang menerima Gelar Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Penulis: Ian Langkai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *