Kepekaan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Vaksin Pancasila Terhadap Virus Radikal Terorisme

Di tengah pandemi saat ini, pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol hidup sehat agar terhindar dari Covid-19.

Begitu pula dalam mengatasi virus radikal terorisme, diperlukan kesadaran masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai vaksin yang terbaik.

Jika vaksin Covid-19 masih belum ditemukan, berbeda dengan virus radikal terorisme yang vaksinnya sudah ada sejak dulu. Sejarah “penemuannya” penuh dengan perjuangan yaitu Pancasila yang adalah dasar Negara kita

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila sebagai ideologi Negara untuk mempersatukan bangsa sangatlah penting.

Beberapa orang berbicara bahwa pancasila itu ideologi Negara kita. Namun, banyak yang hanya sekedar mengetahui arti tanpa melaksanakan nilai-nilai pancasila.

Masyarakat harus peka dalam memanfaatkan vaksin pancasila dalam memberantas perilaku radikal terorisme sekaligus juga menghargai jasa-jasa para tokoh yang berhasil melahirkan Pancasila.

Dalam protokol pemanfaatannya, Pancasila tidak hanya dihafal tetapi dipahami dan diberlakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila merupakan konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya suasana kehidupan yang kondusif bagi pelaksanaan pembudayaan Pancasila.

Sejatinya karakteristik masyarakat dan Bangsa Indonesia adalah yang toleransinya sangat tinggi, adil, rukun, kekeluargaan, gotong-royong, tolong-menolong, bekerja sama.

Untuk itu lewat tulisan ini dapat mengingatkan kita bahwa pentingnya kepekaan masyarakat Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai Vaksin supaya terhindar dari tindakan ataupun paham radikal terorisme.

Bermula dari lingkungan terdekat seperti keluarga, pergaulan, pendidikan, pekerjaan, hingga peran pemerintah harus benar-benar memanfaatkan peran dari Pancasila sebagai vaksin yang ampuh.

Memang tidak mudah, tetapi apa salahnya berusaha dan berperilaku optimis dari pada pesimis dan dikuasai oleh paham-paham yang membuat Bangsa hancur.

Percayalah ketika masyarakat peka dalam memanfaatkan vaksin yang diberikan cuma-cuma ini, paham radikal terorisme akan tergeser dan bangsa kita akan dipenuhi oleh nilai-nilai Pancasila.

Penulis:Bryan Korua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *