Memaknai Hari Lahirnya Pancasila Dalam Situasi Pandemi Covid-19

1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

Dalam pidato inilah, konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Awal pidato ini disampaikan secara aklamasi tanpa judul oleh Soekarno, dan pidato ini mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat.

Pancasila merupakan sebagai dasar negara Indonesia juga ideologi negara ini. Bisa kita bayangkan jika Pancasila hilang maka bangsa ini pasti akan kacau balau dan runtuh karena tidak memiliki dasar.

Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memaknai hari lahirnya Pancasila. Justru dalam keadaan seperti ini diharapkan agar kita lebih lagi mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila terhadap masyarakat diperlukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa mengikuti anjuran pemerintah merupakan salah satu hal yang termasuk dalam menerapkan nilai Pancasila.

Salah satu butir dari sila ketiga Pancasila menjelaskan bahwa bangsa Indonesia harus mampu menempatkan persatuan dan kesatuan dalam melawan penyebaran Covid-19 ini.

Untuk mengimplementasikan atau menerapkan butir tersebut, masyarakat harus benar-benar menempatkan makna persatuan yang sebenarnya. Kita dapat memulainya dengan cara menaati setiap kebijakan yang diberlakukan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, makna persatuan yang di maksud juga adalah dengan tidak saling menyalahkan antar-golongan atas hadirnya Covid-19, tidak menyebarkan berita bohong (hoax) yang mampu menimbulkan perpecahan dan juga menghargai setiap upaya yang dilakukan pemerintah serta memberi apresiasi bagi para pejuang garda terdepan dalam memerangi Covid-19.

Dalam konsep ketuhanan pada Pancasila juga sangat penting  untuk dipahami dan diterapkan oleh masyarakat.

Karena dengan percaya bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah tempat perlindungan di tengah pandemi ini akan membawa dampak yang baik bagi kita. Perkuat ibadah kita dan doa kepada sang pencipta agar diberikan kekuatan dan rasa optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dengan hal demikian, termasuk salah satu penerapan nilai-nilai Pancasila melalui nilai ketuhanan yang ada di dalamnya.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila ini, diharapkan bangsa Indonesia ke depannya dapat lebih mampu membangun jiwa, badan, untuk Indonesia yang lebih baik khususnya di tengah pandemi ini kita harus benar-benar memaknai dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam memerangi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *