YANG HARUS KAMU TAHU TENTANG COVID 19

1. APA ITU COVID-19?

Covid-19 atau biasa yang kita sebut dengan Virus Corona Mulai Nampak Di Dunia Mulai Tahun 2019. Covid-19 (Corona Virus) Adalah Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-COV-2,

pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan, di Provinsi Hubei Cina Pada Desember 2019. Covid-19 telah menyebar ke berbagai Negara di dunia, termasuk Indonesia. Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah.

Nama Corona diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota, sebab bentuk virus corona memiliki paku yang menonjol menyerupai mahkota dan korona matahari.

Para ilmuwan pertama kali mengisolasi virus corona pada tahun 1937 yang menyebabkan penyakit bronchitis menular pada unggas.

2. BAGAIMANA PERKEMBANGAN COVID-19 DI DUNIA?

Covid-19 sebelumnya dikenal sebagai Novel 201 Novel Coronavirus (2019-nCoV) penyakit pernapasan, sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Menyatakan nama resmi sebagai Covid-19 pada bulan februari 2020.

Baru-baru ini, virus corona baru muncul dan dikenal sebagai COVID-19 memicu wabah di cina pada desember 2019, merebak di berbagai Negara sehingga WHO mendeklarasikannya sebagai pandemik global.

Pada akhir Desember 2019, jenis baru yang disebut SARS-CoV-2 mulai beredar, yang kemudian menyebabkan penyakit dan dikenal sebagai COVID-19.

3. BERAPA JUMLAH PENDUDUK YANG TERINFEKSI?

Dilansir dari akun WA resmi Pemerintah COVID19.GO.ID

Situasi virus corona (COVID-19) 26 April 2020

Global
Negara / Kawasan: 213 Kasus Terkonfirmasi: 2.686.785 Kematian: 184.681
Dan di Indonesia Positif: 8.607, Sembuh: 1.042 Meninggal: 720

Untuk info peta sebaran COVID-19 bisa klik link berikut https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/ , kemudian lebih khususnya lagi informasi terkait dengan Covid 19 dibumi nyiur melambai dapat diakses melalui website resmi pemerintah Sulawesi Utara bisa di klik di link ini https://corona.sulutprov.go.id/ .

Sebenarnya Kasus Virus Corona atau Covid-19 ini merupakan Cobaan atau ujian Kepada Umat Manusia di dunia agar umat manusia percaya bahwa Tuhan itu ada, dan berkehendak di dunia ini.

Kasus Virus Corona ini mulai membuat sebagian bahkan Seluruh umat manusia di dunia mulai banyak berdoa dan beribadah kepada Tuhannya dan meminta perlindungan kepada-NYA.

Melalui Kasus Virus ini banyak umat manusia mulai beribadah, mulai berdoa dengan rajinnya, mulai berubah dari pribadi belum baik menjadi pribadi baik dan semakin banyak umat manusia yang berbuat baik dan saling tolong menolong antar sesama manusia.

4. APA SAJA DAMPAK NEGATIF DARI PENYEBARAN VIRUS CORONA DI INDONESIA?

Beberapa hal negative dan sepatutnya tidak dilakukan oleh umat manusia sekarang mulai terlihat mulai dari tidak lagi saling bersalaman atau berjabat tangan saat bertemuan, tidak lagi bertamu di rumah orang, dan lebih parahnya lagi ibadah umat muslim saat ini dianjurkan untuk tidak dilakukan contohnya sholat jum’at berjama’ah di masjid.

Sudah kita ketahui bersama bahwa ibadah sholat jum’at merupakan ibadah yang selalu dilakukan umat  muslim setiap hari jum’at seminggu sekali oleh para lelaki muslim di seluruh penjuru dunia, namun dengan adanya penyebaran virus corona ini sholat tersebut telah ditiadakan saat ini bahkan sholat 5 waktupun telah ditiadakan untuk dilakukan di masjid.

Pemerintah beranggapan jika sholat jum’at dan sholat 5 waktu dapat membuat perkembagan virus corona ini akan berkembang pesat, akhirnya ibadah di masjidpun di minimalisisir agar memperkecil perkembagan atau penularan virus corona tersebut.

Bukan hanya itu saja, semenjak adanya virus ini pemerintah mulai mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang merupakan cara pencegahan dan pemutusan aliran penyebaran virus corana ini, mulai dari dilarangnya keluar rumah,

diliburkannya aktivitas manusia selama 14 hari, diwajibkan untuk selalu berada dirumah, dan dilarangnya perusahaan atau pusat pembelanjaan di buka.

5. APA SAJA KEBIJAKAN PEMERINTAH YANG DISAHKAN SEMENJAK VIRUS CORONA MASUK DI INDONESIA?

Semenjak adanya virus corona atau Covid-19 ada di Dunia ini dan telah masuk di Indonesia Presiden NKRI Joko Widodo mulai mengeluarkan beberapa aturan yang merupakan upaya dari pencegahan dari perkembangan Virus Corona (Covid-19).

Yang pertama adalah Pemberhentian Aktivitas Manusia, mulai dari diliburkannya sekolah dan para pekerja negeri maupun swasta selama 14 hari, pemerintah beranggapan bahwa dengan diliburkannya kegiatan atau aktivitas selama 14 hari merupakan cara untuk memantau sejauh mana virus itu menyebar karena menurut hasil penelitian bahwa orang yang sudah terjangkit virus ini akan Nampak pada hari ke-14 untuk itulah pemerintah mengeluarkan aturan ini.

Yang Kedua adalah dilarangya seluruh masyarakat indonesia keluar rumah dan berpergian keluar daerah agar dapat meminimalisir dan memberhentikan perkembangan virus ini di indonesia.

Yang ketiga pemerintah melarang perusahaan, tok-toko, dan pusat pembelanjaan selain bank dan pasar untuk beroperasi selama kasus virus corona belum selesai.

Yang keempat pemerintah telah mensahkan bahwa UN SD, SMP, Dan SMA ditiadakan dan akan di ganti dengan US dan penentuan kelulusan siswa/siswi melalui nilai raport. 

Yang kelima adalah pemerintah mengelurakan peraturan kepada seluruh masyarakat indonesia agar melakukan sistem social distancing yaitu menjaga jarak dengan orang-oranf sekitar 1 meter.

Dan pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa warga indonesia untuk tidak melakukan penyetoran kepada bank untuk tagihan-tagihan yang dilakukan, pemerintah memberikan penagguhan dan keringanan kepada warga indonesia agar tidak terlalu terbebani karena sudah dilarangnya keluar rumah dan bekerja diluar.

6. BAGAIMANA CARA UNTUK MENGHINDARI VIRUS CORONA PADA TUBUH KITA?

Dengan Masuknya Virus ini di Indonesia banyak sekali situs-situs, web, media sosial, siaran tv mengeluarkan berbagai banyak cara upaya dalam pencegahan virus corona atau covid-19 ini.

Beberapa cara yang harus dilakukan masyarakat agar terhindar dari Penyebaran atau penularan virus covid-19 yaitu, sering-sering mencuci tangan, hindari menyentuh area wajah, hindari berjabat tangan dan berpelukan,

jangan berbagi barang pribadi kepada orang lain, terapkan etika-etika bersin atau batuk, bersihkan perabotan di rumah, jaga jarak sosial, hindari berkumpul dalam jumlah banyak, dan mencuci bahan makanan terlebih dahulu.

Intinya dengan adanya Virus Ini yang berkembang di Negara Indonesia membuat sebagian bahkan seluruh warga indonesia mulai menerapkan pola hidup sehat secara ketat, banyak berdoa, banyak beribadah, dan mulai berbenah diri tentunya semua aktivitas itu dilakukan dirumah saja.

Ingat gaes bangsa kita adalah bangsa yang besar oleh karena itu mari kita gotong royong untuk tetap stay dirumah, kerja dirumah dan rebahan ya tentunya di rumah.

Dibalik kesengsaraan ini ada beberapa manfaat positif yang tercipta akibat Virus Corona atau Covid-19, jadi kita ambil banyak-banyak  yg positifnya Agar menjadi Imun alamiah untuk diri  kita.

Penulis: Jhyza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *