Pasukan Keamanan Afghanistan Tangkap Pemimpin ISIS Lokal dan 19 Militan

Kabul, DUTADAMAISULAWESIUTARA.ID – Pasukan keamanan Afghanistan berhasil menangkap pemimpin kelompok ISIS di negara itu, Aslam Farooqi ditangkap dalam operasi intelijen yang dilancarkan National Directorate of Security atau NDS Afghanistan.

Pada Sabtu (4/4), pasukan Afghanistan mengumumkan, telah menangkap pemimpin kelompok ISIS cabang Afghanistan, bersama dengan 19 militan lainnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip i24 News, Dewan Keamanan Nasional Afghanistan membenarkan bahwa Aslam Farooqi, yang juga dikenal sebagai Abdullah Orakzai, ditangkap bersama dengan beberapa orang lainnya selama “operasi kompleks”.

Seorang pejabat Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, Farooqi adalah dalang dibalik serangan terhadap kuil Hindu dan Sikh di Kabul, yang telah menewaskan sedikitnya 25 orang, pada 25 Maret lalu.

Kelompok ISIS Afghanistan ini yang juga dikenal sebagai “Negara Islam di Khurasan”, telah mengintensifkan serangannya di ibukota Afghanistan, sering kali menargetkan minoritas agama.

Namun, selama beberapa bulan, kelompok ini menghadapi operasi yang dilakukan pasukan Amerika di satu sisi, dan Taliban di sisi lain.

Dalam pernyataannya, Dewan Nasional untuk Keamanan Afghanistan mengkonfirmasi bahwa Farouqi mengakui bahwa ia memiliki hubungan dengan Dinas Intelijen negara tetangga yang merujuk pada Pakistan.

Afghanistan berulang kali menuduh Islamabad mendukung jihadis dan membantu Taliban. Sementara Pakistan membantah tuduhan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *