Corona Sarana Mengevaluasi Persatuan Bangsa

Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan luas bentang alam sebesar 1.922.570Km². Tak hanya alamnya saja yang begitu menarik, tapi sejarah bangsa Ini tentu tak kalah menarik.

Bangsa yang memiliki banyak perbedaan di dalamnya dapat bersatu untuk merdeka dari penjajahan. Perjuangan merebut kemerdekaan yang mengesampingkan permasalahan suku, ras, agama, bahkan kelas sosial sekalipun.

Satu hal yang paling penting saat itu ialah seruan Indonesia merdeka. Semangat persatuan itulah yang harus dijaga sampai saat ini.

Dewasa ini seantero dunia dibuat gusar oleh merebaknya sebuah virus yang sudah menjangkiti lebih dari 800 ribu orang dan merenggut lebih dari 40ribu jiwa di seluruh dunia, yang angkanya meningkat setiap hari.  

Covid-19 begitulah virus ini dikenal, virus yang membuat takut semua orang termasuk masyarakat Indonesia. Masyarakat yang takut akhirnya menimbulkan kepanikan.

Naluri alamiah untuk bertahan hidup semakin meningkat. Sikap individual seseorang akhirnya muncul, hal ini ditandai dengan begitu cepat habisnya obat-obatan serta perangkat-perangkat kesehatan yang dipercaya dapat mencegah virus ini menjangkiti seseorang.

Sebagian masyarakat membeli sudah tidak sesuai dengan kebutuhannya, tanpa memikirkan bahwa ada orang lain yang juga membutuhkan.

Keadaan ini diperparah lagi dengan adanya oknum-oknum yang sengaja menimbun kebutuhan obat-obatan dan perangkat-perangkat kesehatan tersebut demi keuntungan pribadi.

Tentunya hal ini sedikit mencoreng semangat persatuan bangsa ini. Yang dulunya semua bahu-membahu demi kepentingan bersama kini menjadi kepentingan pribadi dan kelompok.

Seharusnya dalam situasi seperti ini masyarakat dapat saling membantu dengan memikirkan bahwa ada orang lain juga yang masih membutuhkan.

Yang harus disadari bersama sebesar apapun langkah yang diambil oleh pemerintah jika tidak ada peran serta dari masyarakat maka tentunya tidak akan berjalan dengan baik.

Kita seharusnya menghadapi virus ini bersama-sama, tanpa  perlu menjadi panik berlebih.

Selaku masyarakat awam kita dapat memberikan dukungan moril dan doa pada seluruh tenaga medis yang dimiliki bangsa ini. Mengenai seluruh kebijakan serta protokol tentunya pemerintah telah memikirkan apa yang terbaik.

Mari kita lakukan peran kita untuk tidak memperparah keadaan. Yakinlah Indonesia mampu melewati hal ini, tentunya dengan peran serta kita semua.

Penulis : Freedom Rombot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *