JADILAH VACCINE (Vaksin) DARI VIRUS HOAKS

Kita tahu bersama, penyebaran virus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. 

Dilansir dari Covid19.go.id yang merupakan situs resmi pemerintah untuk informasi mengenai virus ini, per 25/03/2020, terdata  ada 790 kasus positif diantaranya 31 sembuh, 58 meninggal, sisanya masih dalam perawatan.

Melihat situasi dan kondisi yang terjadi, kita pun harus turut andil dalam menangkal penyebaran virus ini  dengan mengikuti arahan dari pemerintah untuk beraktivitas di rumah saja.

Hal ini bukan berarti ketika kita diam di rumah tidak ada aktivitas yang bisa kita lakukan, justru dari sinilah kita bisa menjadi vaksin. 

Haa vaksin? Iya, vaksin yang adalah bahan antigenik untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

Tetapi vaksin yang dimaksud dalam hal ini bukanlah sebagai penawar virus Corona, meainkan vaksin untuk menangkal virus-virus hoaks yang bertebaran di media sosial. 

Apalagi di tengah merebaknya wabah virus Corona, banyak sekali beredar informasi-informasi palsu yang membuat masyarakat bertambah resah. 

Per 23/03/2020 telah ada 305 laporan isu hoaks terkait virus Corona yang menggemparkan masyarakat Indonesia (kompas.com).

Sudah saatnya kita yang diam di rumah ikut berkontribusi dalam penanganan berita palsu yang beredar. 

Informasi palsu sering sekali beredar di WAG(WhatsApp Grup), Bertebaran sebagai Konten Instagram, menjadi thread populer di  Twitter dan meluas di Grup-grup sosial media lainnya.

Lantas apa yang bisa kita lakukan ?

Ketika ada informasi yang masuk di grup media sosial, kita harus menyaringnya terlebih dahulu.

Pastikan keabsahan dari informasi tersebut.

Jika benar dan bermanfaat, patutlah kita membagikannya pada orang lain, tetapi jika informasi tersebut palsu dan tidak bermanfaat dan malah berpotensi merugikan,  berarti info tersebut harus berhenti di kamu, dan jangan disebarkan. Jangan lupa juga untuk mengedukasi sesama anggota grup untuk tidak turut menyebarnya.

Gunakan fitur lapor untuk melaporkan bahwa konten atau berita tersebut adalah hoaks.

lalu ingatkan pengguna media sosial untuk tidak membagikan konten-konten yang belum benar atau masih simpang siur kebenarannya.

Cara lainnya adalah jika kalian menemukan berita atau konten yang berbau kebohongan kalian bisa screenshoot atau salin link konten tersebut dan kirim ke [email protected] bisa juga dengan mengunduh aplikasi Getar Media klik di sini .

Ini kesempatan kita untuk berbuat sesuatu yang baik bagi bangsa dan negara dalam pencegahan berita palsu mengenai isu wabah virus Covid-19.

Ayo ! jadikan rebahan kalian produktif dengan menjadi vaksin bagi penyebaran Virus Hoaks !

Penulis: Bryan Korua
Ilustrator: Daniel Taruh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *