Ponsel Cerdas, Pengguna Cerdas

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan tidak terbendung. Awalnya kita menggunakan ponsel yang memiliki 9-14 tombol dengan layar seadanya, hingga saat ini kita menggunakan ponsel yang tidak lagi memiliki tombol dengan fitur layar sentuh yang canggih dan modern, Ponsel Cerdas sebutannya.

Mengenai Ponsel Cerdas tentunya tak lepas dari salah satu fiturnya yaitu media sosial. Kita ketahui bersama, media sosial menjadi kehidupan kedua setiap manusia yang memiliki ponsel cerdas, melalui media sosial banyak orang yang mengabadikan setiap moment yang mereka lalui.

Dilansir dari katadata.co.id pada januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta orang atau 56% dari total populasi. Angka yang sangat banyak, bukan?

Di balik semua itu, media sosial atau biasa yang kita sebut dengan dunia maya memiliki sisi buruk ,yakni  tersebarnya dengan cepat informasi negatif ke seluruh penjuru dunia bahkan dalam hitungan detik berita apapun bisa tersebar saat itu juga. Untuk itu, selain ponselnya yang cerdas, penggunanya juga harus cerdas.

Kali ini kita akan membahas mengenai isu SARA di dunia maya. Isu SARA adalah isu yang mengkaitkan Suku, Agama, dan Ras yang sifatnya sangat sensitif dan bisa memecah belah persatuan bangsa kita. Apalagi melihat sistem informasi yang cepat tersebar di dunia maya maka jangan sampai kita menjadi pelaku-pelaku penyebaran konten-konten negatif di media sosial khususnya isu SARA. Jadilah pengguna ponsel yang cerdas dengan menolak isu SARA yang ada di media sosial. Bagaimana caranya?

Menolak isu SARA di media sosial sangatlah mudah asalkan kita benar-benar niat dan tulus. Berikut tips singkat yang dapat dilakukan untuk menolak isu SARA di dunia maya:

  • Jangan terpancing jika kita menemukan konten yang berbau isu SARA

Ketika kita menggunakan media sosial dan terdapat postingan yang saling menjelekkan antar Suku, Agama, dan Ras jangan sampai kita terpancing dan ikut-ikutan berkomentar karena nantinya akan lebih memperkeruh suasana.

  • Blokir/laporkan konten-konten yang mengandung isu SARA.

Kita turut senang, mengapa? Karena media sosial yang kita gunakan seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya memiliki fitur untuk melaporkan jika ada konten-konten yang berhububgan dengan isu SARA. Jadi, ketika kita melihat konten yang mengandung isu SARA segera laporkan, jangan hanya biarkan.

  • Buatlah konten-konten positif

Sebagai pengguna ponsel yang cerdas, gunakanlah ponsel tersebut dengan hal-hal yang positif seperti membagikan konten-konten positif di media sosial atau membuat konten positif sendiri yang bisa dibagikan di akun media sosial masing-masing.

Semoga beberapa tips di atas dapat menjadi pedoman kita dalam menggunakan ponsel cerdas agar menjadi pengguna yang cerdas juga.  Tolak isu SARA di dunia maya karena kita pengguna yang cerdas.

Penulis: Bryan Y.Korua

Editor : Bunga R. Palit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *