Indah Indonesiaku dalam Keberagaman

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya dan agama yang berbeda-beda. Indonesia memiliki beribu pulau dan suku bangsa, bermacam-macam budaya serta ratusan bahasa. Untuk itu, Indonesia dikenal sebagai miniatur dunia. Sungguh unik, bukan?

Tak hanya sampai di situ, simpanan kekayaan alam seperti hutan, gunung, sawah, lautan yang banyak dan luar biasa indah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang luar untuk berkunjung ke Indonesia.

Tetapi, mengapa masih saja sesama anak bangsa saling menjatuhkan, masih saja sesama saudara saling menghina, masih saja saling membenci. Padahal pendahulu bersatu berjuang bersama demi menyatukan Indonesia, tapi lihatlah sekarang sesama saudara malah saling menyimpan dendam. Apa perlu kita dijajah kembali agar terhindar dari hal-hal yang demikian? Coba renungi itu.

Seharusnya kita bersyukur dengan apa yang kita punya yaitu Indonesia yang begitu Indah, Indonesia yang begitu unik dengan semboyan berbeda-beda tetapi tetap satu.

Hal lain yang patut disyukuri ialah 6 (enam) Agama serta aliran kepercayaan lainnya yang dianut masyarakat Indonesia karena tentunya dari keenam agama tersebut tidak ada yang mengajarkan tentang perpecahan.

Islam yang damai, Kristen yang mengasihi, Buddha yang sabar, Hindu yang tenang, Kong Hu Cu yang bijaksana. Indah, bukan? Jika menjadi kesatuan yang dapat saling membangun satu dengan lainnya tanpa harus membeda-bedakan sehingga terjadinya perpecahan.

UUD 1945 pasal 29 ayat 2  telah disebutkan bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya sendiri-sendiri dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya”. Dengan berbagai macam latar belakang suku, budaya, dan agama yang berbeda-beda seharusnya berbagai unsur ini memahami  posisi dan porsinya masing-masing dan tentunya sebagai kehidupan berbangsa dan bernegara harus saling menghargai antar lainnya.

Indahnya Indonesiaku, memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Indahnya Indonesiaku, kaya akan keberagaman.

Oh sungguh Indonesiaku,  jika kita hidup bersatu saling bergandengan tanpa ada batasan yang memisahkan.

Penulis : Bryan Y. Korua
Editor : Bunga R. Palit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *