PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Menurut Wikipedia Pendidikan Karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik.

Beberapa bulan yang lalu, kita sering mendengar kabar tentang perkelahian antar pelajar dan yang lebih parahnya lagi konflik yang terjadi antara pelajar dan guru seperti yang terjadi di Gresik seorang pelajar menganiaya gurunya sendiri bahkan yang memprihatinkan siswa/i yang berada di kelas itu hanya menertawakan aksi tidak terpuji tersebut. Sungguh sangat miris bukan? Apakah ini yang dinamakan dunia sudah semakin kejam? Lalu apa yang sebenarnya harus dilakukan? Siapa yang sebenarnya berperan penting dalam kasus ini? Sudah tidak begitu pentingkah pendidikan karakter sehingga kasus ini semakin banyak terjadi? Mengenai orang-orang yang kurang atau bahkan menganggap Pendidikan Karakter tidak penting sepertinya perlu benar-benar dimediasi.

Bicara soal kasus tersebut tentunya tidak terlepas dari pentingnya Pendidikan Karakter itu sendiri. Apa daya jika kita pandai tapi tak memiliki karakter yang baik. Apa gunanya? Sama saja nol besar. Maka dari itu, betapa pentingnya pendidikan karakter bagi generasi muda, betapa pentingnya pendidikan karakter yang harus diajarkan dari saat dini. Kira-kira bagaimana penerapan pendidikan karakter itu sendiri?

Keluarga yang adalah awal dari proses pembentukkan karakter harus berperan penting dalam mempertajam karakter yang baik bagi sang anak sehingga ketika anak keluar dari lingkungan keluarga (beradaptasi, bergaul dengan lingkungan luar) sang anak dapat menjadi contoh terhadap orang lain dalam hal ini karakter yang baik.

Lingkungan sekolah yang dalam hal ini teman-teman, guru, hingga budaya di sekolah juga berperan penting untuk memperkuat pendidikan karakter. Sebagai guru pun harus menerapkan budaya sekolah yang membuat anak didiknya sadar betapa pentingnya rasa saling menghargai, menghormati, tekun, yang dalam hal ini berkarakter unggul.

Bahkan sesama teman pun harus saling mengingatkan jika temannya melakukan kesalahan atau saling bekerja sama untuk mencapai karakter yang baik. Tentunya, jika hal-hal tersebut terjadi akan berdampak bagi bangsa Indonesia yang beradab.

Mari kita saling bekerja sama, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulan untuk saling memperkuat pendidikan karakter kita yang dalam hal ini mempertajam nilai-nilai keagamaan, norma kesopanan, integritas, kepedulian, kebersamaan, dan rasa cinta Tanah Air sehingga akan berdampak yang baik bagi bangsa Indonesia.

Penulis : Bryan Y. Korua

Editor : Bunga R. Palit

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *