5 hal sederhana untuk menanamkan nilai Pancasila pada anak.

Paham radikal dan intoleran berkembang pesat dewasa ini, bukan tidak mungkin anak-anak juga menjadi sasarannya. Tentunya kita sudah sering mendengar anak-anak berkelahi didasari oleh saling ejek hanya karena berbeda, hal ini tentunya tidak boleh kita anggap remeh karena dapat menjadi benih yang bagus untuk paham-paham radikal dan intoleran. Lantas sebagai orang dewasa apa yang dapat kita lakukan? Berikut ini adalah lima hal sederhana yang telah dirangkum oleh Duta Damai Sulut untuk menanamkan nilai Pancasila pada anak.

  1. Menceritakan kisah-kisah para pahlawan.
    Tentunya anak-anak sangat senang bila mendengar cerita, hal ini dapat kita manfaatkan untuk menceritakan bagaimana sulitnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia bangsa kita tercinta. Hal ini tentunya akan membuat anak semakin menghargai kemerdekaan, dan tentunya persatuan karna dalam merebut kemerdekaan kita harus bersatu.
  2. Mengajarkan lagu-lagu kebangsaan.
    Seperti halnya cerita ketertarikan anak pada musik sangat tinggi, hal ini juga dapat kita manfaatkan tentunya. Sejak dini kita sudah harus mengajarkan lagu-lagu kebangsaan pada anak, tentunya dibarengi dengan penjelasan kita soal makna dari lagu tersebut. Hal ini akan menanamkan nasionalisme pada anak. Dari pada anak mendengarkan lagu-lagu yang unfaedah dan merusak moral anak.
  3. Bergotong-royong membersihkan rumah.
    Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan karena anak akan merasa dilibatkan dalam pekerjaan orang dewasa. Dari gotong royong seperti ini anak akan belajar diberikan tanggung jawab, dan tentunya anak akan belajar jika sesuatu dikerjakan bersama maka akan terasa lebih mudah. Kita selaku orang dewasa tentunya dapat mejelaskan seperti itulah bangsa ini jika semuanya bersatu maka akan terasa lebih mudah, jangan mudah terpeca belah ya guys.
  4. Menggunakan fenomena alam di sekitarnya.
    Tentunya rasa ingin tahu anak sangat besar terhadap fenomena-fenomena alam di sekitar mereka, hal ini juga dapat kita manfaatkan sebagai media penanaman nilai-nilai persatuan. Sebagai contohnya anak pasti sangat tertarik pada pelangi, kita dapat menjelaskan bahwa pelangi itu indah karna memiliki banyak warna. Seperti itulah Indonesia indah karena terdiri dari banyak suku, ras, agama, dan sebagainya. Jangan buta akan indahnya perbedaan yah.
  5. Makanan kesukaan anak.
    Tentunya anak-anak memiliki makanan kesukaan, contohnya saja nasi goreng kita dapat menjelaskan bahwa nasi goreng menjadi enak karena memiliki banyak bumbu didalamnya. Dan tentunya seperti itulah Indonesia memiliki banyak keaneka ragaman di dalamnya itulah yang membuat kita kuat.
    Itulah lima hal sederhana untuk menanamkan nilai Pancasila pada anak sejak dini yang dapat kami bagikan untuk kita. Tentunya masing-masing kita memiliki cara sendiri dalam menanamkan nilai Pancasila pada anak, mungkin ada yang lebih kreatif, jangan lupa berbagi di kolom komentar yah, berbagi itu indah loh. Sekali lagi kita dapat mengatakan pada anak sikap intoleran itu sama sekali nggak enak, memangnya kamu mau hidup dengan orang-orang yang sama persis sepertimu ? nggak berwarna dong hidupmu. Jangan lupa yah guys perbedaan itu indah loh masa kalah sama pelangi dan nasi goreng. Yang paling penting nih guys “Damai itu Indonesia”.

Penulis : Freedom Rombot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *