Bersih-Bersih Pantai, Duta Damai Sulut Semarakan HUT RI ke-74

Dalam rangka menyemarakan perayaan Hut RI ke-74, Duta Damai Sulawesi Utara menggelar kegiatan bersih-bersih pantai pada Minggu, 25 Agustus 2019 yang lalu. Tempatnya di pesisir pantai Malalayang, Kota Manado.  Dengan mengusung tema “Berdamai Dengan Alam” kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk pertanggung jawaban sosial dari Duta Damai selaku penjaga Tanah Air di Dunia Maya, untuk juga terlibat, mengambil bagian secara langsung menjaga Tanah Air dalam hal ini kebersihan lingkungan.

Sekira pukul 14:00 Para anggota Duta Damai terlihat berkumpul di posko basarnas yang ada di Malalayang dua. Setelah dibuka dengan doa, diadakan Briefing terkait teknis kegiatan, mereka membagi dua kelompok dengan titik pembersihan yang berbeda.  Dengan menggunakan sarung tangan lengkap dengan masker, mereka mulai menyisir sampah-sampah non organik seperti plastik, kain, kaca, foam dan sampah lain yang tak mudah terurai, lalu mengumpulkannya ke dalam kantong sampah yang sudah disiapkan.

Usai pembersihan pantai sekira pukul 17:30, sampah-sampah yang terkumpul kemudian dibawa ke tempat pembuangan akhir dengan mobil pick up yang telah disediakan.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga melibatkan Basarnas, yang turut menyediakan posko  di Malalayang Dua sebagai Titik kumpul serta tempat penitipan perlengkapan para anggota Duta Damai Sulut.

Duta Damai yang adalah kaum muda penyebar virus-virus damai, melalui kegiatan ini berharap bisa memberikan  teladan sebagai anak muda yang lebih memilih untuk terjun langsung dalam aksi-aksi peduli lingkungan daripada menghabiskan waktu di depan layar smartphone untuk terlibat menyebar berita hoax dan ujaran kebencian yang hanya akan menghancurkan Tanah Air Indonesia.

-Ian Langkai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *