“Orang Ketiga” Juarai Lomba Video Challenge Duta Damai Goes To School 2019

Manado– Video pendek dengan judul “Orang Ketiga” yang diproduksi oleh SMK Negeri 5 Manado, menjadi Juara Lomba Video Pendek Duta Damai Goes To School yang di selengarakan oleh Duta Damai Sulut.
Lomba yang bertemakan “Milenial Cerdas Anti Radikalisme” tersebut berlangsung sejak tanggal 17 Juli di Instagram @dutadamaisulut. Diikuti oleh 8 Sekolah, dari 18 sekolah yang diundang untuk juga menjadi peserta dalam puncak Acara Duta Damai Goes to School yang diadakan di Ballroom Hotel Aryaduta, Manado, Sabtu 27 Juli yang lalu.
Teknis lomba sendiri adalah peserta diharuskan mengikuti akun Instagram Duta Damai Sulut yaitu @dutadamaisulut kemudian mengupload video yang dilombakan di akun salah satu anggota tim dengan menandai akun @dutadamaisulut dan @dutadamai.id serta wajib memggunakan Hastag #damaiituindonesia, #buminyiurmelambai, #generasimilenial dan #sitoutimoutumoutou. Video yang sudah di upload kemudian diunggah lagi oleh admin Instagram Duta Damai Sulut dan masuk di penilaian tahap awal untuk mencari 5 finalis dengan like video terbanyak di akun Instagram @dutadamaisulut.
Meski bukan penilaian hasil akhir, Proses like video juga diwarnai saling kejar likes, dan akhirnya 5 Video dengan like terbanyak maju sebagai Finalis, yang kemudian Videonya di tampilkan pada puncak Acara Duta Damai Goes To School 2019 dan mendapat kesempatan untuk dinilai oleh Tim Juri yang berasal dari Pusat Media Damai (PMD) dan Duta Damai Sulawesi Utara.
Setelah ditampilkan dan melalui proses penilaian, Tim juri begitu terkesan dengan video-video yang dibuat oleh para peserta, originalitas dan kesesuaian tema menjadi poin utama dalam penilaian. diperoleh juara 1,2,3 dan juara favorit dari ke lima finalis tersebut. “Juara Satu oleh SMK Negeri 5 Manado, dengan judul orang ke-tiga” Begitulah kata Aqil Langkamani selaku ketua Panitia Duta Damai Goes To School saat mengumumkan pemenang lomba dan disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta lain yang hadir.
Saat di tanya tentang asal-muasal munculnya ide “Orang ketiga”, Juvandi Wagei, S.Pd. yang adalah Guru pendamping SMK N 5 Manado, menuturkan bahwa ide tersebut terinspirasi dari sebuah lagu, “Kebetulan akhir-akhir ini, saya sering dengar lagu orang ketiga yang dibawakan Vicky Salamor yang judulnya orang ketiga, dan saya melihat itu relevansi dengan keadaan Indonesia yang menjadi terpecah belah karena adanya pihak ketiga, dalam hal ini adalah hoax, radikalisme dan semacamnya.” ucapnya.
Sementara itu, SMA 9 menempati posisi juara 2, dan dibawahnya ada Pondok Pesantren Assalam di posisi juara ke 3. Juara Favorit diperoleh SMA N 8 dengan jumlah Like Video di Instagram terbanyak yakni 431 Likes. Dan SMK N 2 Manado harus puas dengan posisi Finalis. Para pemenang berhak atas hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. Video dari seluruh peserta lomba juga dapat diakses di Instagram @dutadamaisulut

Penulis : Freedom Rombot
Editor : Ian Langkai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *